Baru Coba Blog TEHNIK MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS YANG BENAR - COCKATOO Badminton
Headlines News :
Home » » TEHNIK MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS YANG BENAR

TEHNIK MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS YANG BENAR

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 12.02

COCKATOO BADMINTON CLUB kali ini akan sedikit membahas perihal Tehnik Memegang Raket Bulutangkis Yang Benar, hal mana tehnik ini merupakan tehnik yang paling mendasar untuk dapat bermain bulutangkis secara baik. Pukulan sekuat apapun tidak akan berhasil dengan baik bilamana terjadi kesalahan dalam hal memegang raket. Sebaliknya, bilamana kita telah menguasai tehnik memegang raket yang benar, maka kita akan dapat mengembangkan berbagai jenis pukulan bulutangkis secara baik pula.
Cara memegang raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes, rileks, namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). Sekalipun pegangan anda kuat dengan teknik ini, akan tetapi pukulan yang di hasilkan akan lemah dan sulit  untuk menghasilkan pukulan yang keras (smash) dan sulit pula dalam mengontrol bola (shuttlecock)  dengan baik.
Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek perrmainan bulutangkis, yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini.

Pada akhirnya untuk pemain yang sudah terampil dan mahir akan terlihat pegangan raketnya hanya satu grip saja. Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis .Pegangan raket yang benar dan dengan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok dapat meningkatkan kualitas pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. 
 
Cara Memegang Raket dengan teknik "Forehand"
 
1. Pegang raket dengan cara seperti “jabat tangan” atau Bentuk “V”. 
2. Tiga jari, yaitu jari tengan, manis dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk.


Cara Memegang Raket dengan teknik " Backhand "
 
Untuk backhand grip, geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.  


Demikian tulisan ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang suka serta menekuni olahraga bulutangkis.
 
Share this article :

Ditulis Oleh : Unknown ~ Cockatoo 21

Johan Purnomo Sobat sedang membaca artikel tentang TEHNIK MEMEGANG RAKET BULUTANGKIS YANG BENAR. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Subscribe To Get FREE

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Cara Gampang Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. COCKATOO Badminton - All Rights Reserved
Cockatoo
Last Modified by : Cara Gampang Blog | Johan Purnomo