Baru Coba Blog BERMAIN BULUTANGKIS GANDA (DOUBLE / MIX) - COCKATOO Badminton
Headlines News :
Home » » BERMAIN BULUTANGKIS GANDA (DOUBLE / MIX)

BERMAIN BULUTANGKIS GANDA (DOUBLE / MIX)

Written By Unknown on Sabtu, 21 September 2013 | 21.12

Cockatoo Badminton ClubCOCKATOO BADMINTON.  Dapat bermain bulutangkis ganda dengan baik pada suatu pertandingan bulutangkis memang bukan suatu pekerjaan yang mudah. Jangankan bagi pemula, bagi seorang atlit profesional pun untuk dapat bermain taktis dan benar pada pertandingan bulutangkis ganda (double / mix ) dibutuhkan suatu strategi tersendiri. Karena pola permainan bulutangkis ganda itu berbeda dengan pola permainan tunggal (single). Yang membedakannya adalah pada permainan tunggal tidak ada atau tidak dibutuhkan kerja sama tim, akan tetapi sebaliknya pada permainan bulutangkis ganda maka kerja sama tim adalah merupakan sesuatu hal yang mutlak dituntut harus dipelajari dan dipahami.

Bermain bulutangkis ganda sederhananya adalah permainan secara tim. Dan ini indikasinya adalah permainan tidak dituntut baik hanya pada satu orang saja akan tetapi kedua pemain (pasangan) ganda harus dapat saling memberi kelebihan serta menutupi kelemahan pasangannya masing-masing .

Secara sederhana, memahami permainan bulutangkis ganda adalah :

1. Saling menutupi, baik pada saat menyerang atau pun bertahan. Jika pasangan kita sedang bergerak pada sudut tertentu, INGATLAH !! bahwa di sana ada suatu ruang kosong yang ditinggalkan oleh pasangan kita, maka pada saat itu kita wajib mengisi ruang kosong tersebut dengan cepat dan dengan posisi READY (siap) untuk memukul atau menyambut serangan balik dari lawan. Kebanyakan para pemula, ketika bermain bulutangkis ganda ia seolah-olah bermain tunggal. Sehingga respond untuk saling menutupi kadang kala terlambat datangnya. Padahal ini adalah kondisi yang salah karena memungkinkan posisi tersebut tidak ideal buat Anda sehingga mudah bagi lawan untuk mengendalikan Anda dan pasangan Anda.

2. Membuat pola daerah spesialis. Ketika menyerang, dalam permainan bulutangkis ganda harus memiliki dua titik daerah spesialis (titik serang) yang efektif menekan lawan. Ingat, ini kerja sama tim. Maka tim menjadi kurang efektif jika hanya mengandalkan pola penyerangan hanya pada satu titik saja. Misalnya Anda (dan pasangan Anda) hanya menyerang di posisi tengah saja, hal ini tidak akan membuat pola penekanan yang berarti bagi lawan, sehingga permainan terlihat monoton dan dalam kondisi ini sangatlah mudah bagi lawan untuk menekan Anda (dan pasangan Anda). Maka cara sederhana membuat strategi menyerang yang paling efektif pada permainan bulutangkis ganda adalah dengan membuat dua daerah spesialis atau dua daerah titik serangan, yaitu : Titik serangan depan (si penunggu depan) dan Titik serangan belakang (si penunggu belakang).

Strategi dengan membuat dua pola titik penyerangan ini sudah banyak membuahkan  juara-juara dunia bulutangkis yang sulit di kalahkan pada zamannya. Sebut saja seperti pasangan Rexy Mainaky dan Ricky Subagja. Rexy adalah pembunuh daerah depan yang taktis dan cepat. Dia dapat memotong bola-bola pendek dan bola-bola netting dari lawan dengan efektif dan cepat serta mematikan, sehingga lawan menjadi bingung untuk mencari daerah yang kosong. Sedangkan Ricky yang memiliki postur lebih tinggi adalah penggebuk daerah belakang yang powerfull.

Permainan bulutangkis ganda (double) adalah suatu permainan bulu tangkis yang sangat  membutuhkan kerja sama tim (teman bermain/pasangan Anda). Sekalipun Anda mampu bermain bagus akan tetapi bilamana pasangan Anda kurang dapat bermain maksimal, maka sesungguhnya Anda telah kehilangan 50% kemenangan. Pada permainan bulutangkis ganda yang paling mendesak di butuhkan adalah pola kerjasama yang saling menutupi antar pemain. Karena permainan bulutangkis ganda itu identik dengan kecepatan lalu lintas pukulan (shuttlecock) maka menutupi daerah kosong dengan cepat adalah latihan yang paling wajib dipahami oleh setiap pasangan bulutangkis ganda. Berbeda halnya dengan permainan tunggal, disana yang dibutuhkan adalah footwork yang sempurna dari pemain single tersebut.

Beberapa pemain ganda (double) pemula, biasanya mereka bermain dengan pola "saling mengandalkan" satu sama lain atau kadang-kadang ada yang ingin mendominasi permainan. Maka hal ini adalah suatu KESALAHAN yang sangat mendasar dalam permainan bulutangkis ganda.

Ada beberapa strategi bermain yang harus di fahami oleh pemain ganda : 

Ketika / Saat Posisi Menyerang : 

1. Strategi Depan - Belakang.  
Pahami pasangan Anda, pahami kelebihan dan kekurangannya. Misal pasangan Anda ternyata kuat untuk bola-bola smash dan lob menyerang ketimbang Anda sendiri, maka buat kesepakatan jika menyerang atur posisi dengan cepat, teman Anda yang di belakang sebagai eksekutor smash dan Anda berjaga di depan net dengan posisi tangan (yang memegang raket) berada di atas. INGAT, tangan Anda yang memegang raket harus berada dalam posisi ready (angkat ke atas melebihi kepala) sehingga ketika musuh mengembalikan bola smash dari rekan anda dengan pengembalian bola pendek (tapi bukan netting), Anda bisa langsung melakukan pukulan Block Smash cepat yang mematikan atau drive smash dan arahkan ke badannya, ingat ke badannya !. Jikapun musuh mengembalikan shuttle kok dengan bola netting yang tidak memungkinkan Anda untuk melakukan drive smash atau block smash, maka CUKUP bagi Anda untuk melakukan umpan netting kembali dan paksa agar musuh MAU mengangkat bola kembali, sehingga posisi Anda bersama pasangan Anda selalu dalam posisi READY to Attack (menyerang).

Perhatikan diagram pola serang di bawah ini : 

Cockatoo Badminton Club

Cockatoo Badminton Club

Perhatikan ilustrasi pola menyerang lewat tayangan video di bawah ini  :


Ketika / Saat Posisi Bertahan :
2. Strategi Kiri - Kanan.
Anda terdesak untuk bertahan (karena pukulan bola lob dari pasangan Anda) ? Langsung ambil posisi kiri dan kanan secara cepat ! Kenapa harus kiri dan kanan ? Karena posisi bertahan, berbeda dengan posisi menyerang. Dalam posisi bertahan harus mengambil atau menguasai semua lebar lapangan, hal ini adalah untuk mengefektifkan pola nge-blok serangan musuh. Kuncinya adalah fahami karakter lawan anda. 

Jika lawan memiliki pukulan smash yang lebih kecil sudutnya (baca: menukik) dan biasanya lawan memiliki postur tubuh yang tinggi,  maka letakan posisi tangan anda yang memegang raket ke bawah sejajar dengan kaki. Jika lawan anda memiliki pukulan smash yang lebih melebar (baca : lurus) dan biasanya ini terjadi pada musuh dengan postur tubuh pendek maka letakan posisi tangan anda yang memegang raket di depan dada dan raket harus diangkat ke atas dan bukan diarahkan ke bawah.

Ketika anda ingin cepat merubah posisi dari bertahan menjadi pola menyerang, berikan umpan netting silang yang sulit di jangkau oleh lawan yang berada di depan dan siapa yang memberikan umpan pendek maka Dia yang harus langsung maju ke depan. Setelah itu berharap lawan akan mengembalikannya dengan sapuan lob ke belakang, maka saat itulah posisi anda menjadi kembali menyerang .  

Mudah memang secara teori, tetapi pola-pola atau metode bermain bulutangkis ganda (double / mix) ini membutuhkan latihan dan konsentrasi yang penuh dari Anda dan pasangan Anda.

Demikian, secara singkat tehnik dan strategi bermain bulutangkis pada permainan ganda (double / mix) untuk pemula ataupun tingkat mahir. Semoga dapat memberikan manfaat. 

Share this article :

Ditulis Oleh : Unknown ~ Cockatoo 21

Johan Purnomo Sobat sedang membaca artikel tentang BERMAIN BULUTANGKIS GANDA (DOUBLE / MIX). Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Subscribe To Get FREE

4 komentar:

 
Support : Cara Gampang Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. COCKATOO Badminton - All Rights Reserved
Cockatoo
Last Modified by : Cara Gampang Blog | Johan Purnomo